Kamis, 25 April 2019

Kegunaan Kemasan Pada Produk di Pasaran

Packaging Bandung - Kegunaan Kemasan Pada Produk di Pasaran


Pengemasan memang teknik terkoordinasi yang dibuat untuk menyiapkan barang agar siap didistribusikan, disimpan, dipasarkan, dan digunakan.

Keuntungan yang bisa diambil dengan hadirnya wadah atau pengemasan pada suatu produk, salah satunya adalah dapat mendukung produk untuk menghindari risiko kerusakan saat proses pengiriman berlangsung.


Tidak hanya itu, pengemasan produk juga dapat mengamankan produk dari bahaya polusi dan masalah fisik lainnya, baik itu tekanan, dampak, atau getaran.

Selain itu, pengemasan juga berguna untuk menempatkan produk pemrosesan, atau produk industri agar memiliki bentuk yang dapat memfasilitasi prosedur penyimpanan, pengangkutan, dan distribusi ke konsumen.

Nah, jika dilihat dari sisi pemasaran, pengemasan pada suatu produk akan memainkan peran yang sangat penting, dan menjadi variabel utama yang perlu diperiksa ulang untuk para produsen.

Selain bisa meningkatkan kemungkinan pengguna untuk membelinya, kemasan produk juga bisa memberi kesan lebih di mata pengguna jika dibandingkan dengan produk merek yang tidak menggunakannya.

Karena itu desain, warna, dan dekorasi suatu paket perlu dilakukan sebaik mungkin, dan juga memperhatikan proses perencanaan.

Secara umum, fungsi pengemasan dalam bahan makanan dibagi menjadi beberapa aspek, termasuk:

1. Sebagai tempat untuk suatu produk selama proses pengiriman, mulai dari produsen produk, hingga mencapai konsumen.

2. Cegah kerusakan dan pertahankan produk, misalnya, seperti menghindari sinar ultraviolet, panas matahari, kelembaban, elemen O2, tabrakan, dan kontaminasi dari polusi atau mikroba yang dapat merusak & mengurangi kualitas suatu produk.

Baca: Jasa Makloon Kemasan Ciwastra Bandung

3. Sebagai branding produk, dalam hal ini, kemasan dapat digunakan sebagai sarana informasi kepada pelanggan melalui label yang terkandung dalam paket produk.

4. Meningkatkan kegunaan produk, misalnya: menyederhanakan perhitungan suatu produk berdasarkan kemasannya, dan memfasilitasi pengiriman dan penyimpanan produk-produk ini.

5. Lindungi dari pengaruh buruk dari sekitar, dan lindungi juga dari zat-zat yang mengganggu dalam produk.

Misalnya seperti produk yang berbau tajam, atau produk berbahaya seperti minuman keras, gas beracun, dll.

Baca: Jual Kemasan Plastik Vacuum Sealer

Atau produk yang bisa memengaruhi warna dan aroma, maka mengemas produk dengan baik tentu bisa melindungi produk lain di sekitarnya.

6. Memperluas penggunaan dan pemasaran produk, seperti kasus penjualan sirup dan kecap yang juga meningkat sejak penggunaan kemasan dalam botol diterapkan.

7. Tingkatkan minat calon pengguna.

8. Sebagai media informasi dan iklan.

9. Memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Jadul Bikin Geleng Kepala Serasa Nostalgia

Packaging Bandung - Jasa Kemas di Bandung - Sebuah perusahaan biasanya akan melakukan berbagai strategi pemasaran produk yang mereka jual....